Solusi Lunas Utang Yang Menumpuk Berdasarkan Syariat Islam

solusi lunas utang berdasarkan syariat islam

Solusi Lunas Utang. Pada era modern saat ini, utang menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Bahkan lebih dari masyarakat kita melakukan sesuatu yang negatif karena imbas dari banyaknya utang yang harus ditanggung olehnya. Oleh karena itu dibutuhkan solusi lunas utang.

Kenapa Memiliki Utang?

Yang perlu diketahui adalah utang merupakan suatu komponen yang membuat seseorang menjadi gagal dalam kehidupannya bahkan dapat menimbulkan stress.

Oleh sebab itu terjadi karena seseorang tidak dapat mengatur keuangannya dengan baik, sehingga menyebabkan memiliki utang.

Hal ini imbas dari gaya hidup seseorang yang dapat mempengaruhi kondisi keuangan dalam hidupnya. Jika Anda dapat menerapkan gaya hidup yang normal, maka kemungkinan besar kondisi keuangan akan tetap stabil.

Namun, terkadang banyak orang yang hidupnya sangat konsumtif sehingga antara pendapatan dan pengeluaran menjadi tidak seimbang.

Langkah Melunasi Utang

Jika Anda sudah terlanjur memiliki utang, ada beberapa langkah cara melunasi utang yang dapat Anda terapkan, diantaranya:

1. Tingkatkan Pemasukan Ketimbang Pengeluaran

Banyak sekali orang di dalam hidupnya yang sering menghabiskan uang lebih banyak dari hasil pendapatan per bulannya.

Jika hal ini terjadi dalam mengelola keuangan, maka sudah pasti Anda akan memiliki tanggungan utang yang nantinya bisa menumpuk.

Untuk menghindari hal itu, maka berbagai jenis pengeluaran yang tidak penting untuk kebutuhan sehari-hari harus dihindari.

Setidaknya mulai saat ini harus menciptakan jumlah pendapatan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran.

Anda harus bisa berfikir kreatif, bagaimana cara membuat pengeluaran menjadi lebih kecil dibandingkan dengan gaji yang didapatkan, sehingga dapat menyisihkan sisa gaji dalam setiap bulannya.

Hal ini dapat dilakukan dengan mudah yaitu menyusun segala anggaran keuangan setiap bulannya dengan tepat.

2. Batasi Liburan Yang Menghabiskan Uang Banyak

Jika Anda yang memiliki hobi liburan ke luar kota dan harus mengeluarkan uang banyak di akhir pekan, maka Anda dapat mengurangi jadwal kegiatan tersebut agar dapat menekan jumlah pengeluaran.

Anda harus belajar memahami bahwa pengeluaran tersebut tidak begitu penting dan hanya menghabiskan uang.

Jika Anda sudah menyadari hal itu, maka secara otomatis pengeluaran dapat ditekan dengan baik. Dengan begitu, uang yang biasanya digunakan untuk acara liburan dapat dialokasikan untuk membayar hutang.

3. Hemat Penggunaan Energi Listrik

Anda juga dapat menekan pengeluaran dari penggunaan energi listrik terutama dalam menggunakan peralatan elektronik, misalnya selalu mematikan lampu atau perangkat listrik lainnya jika sudah tidak digunakan.

Pada awalnya memang sulit untuk menerapkan kebiasaan ini, namun cara ini akan sangat dirasakan dalam waktu satu bulan.

4. Memasak Sendiri Dan Membiasakan Untuk Membawa Bekal

Dengan membiasakan memasak makanan di rumah dan membawa bekal ke tempat kerja atau ke sekolah anak-anak , tentunya akan menghemat pengeluaran.

Kebiasaan makan di luar akan menghabiskan uang banyak jika di total dalam setiap bulannya.

Memasak makanan di rumah selain dapat menghemat uang juga dapat menyediakan menu yang lebih bervariasi dan lebih higienis. Hal itu akan membuat keluarga Anda menjadi lebih sehat.

5. Take Over Kredit

Anda merasa bahwa cicilan kendaraan atau rumah jadi salah satu beban utang yang menyulitkan Anda dalam melunasi utang, bahkan setelah menjalani berbagai cara melunasi utang secara efektif? Mungkin Anda bisa melakukan take over kredit.

Take over kredit merupakan salah satu cara melunasi utang yang cukup efektif. Anda bisa menjual kembali kendaraan Anda yang masih memiliki cicilan untuk dilanjutkan kepada pihak pembeli kendaraan nantinya.

Selain itu, Anda pun akan memiliki kemungkinan untuk mendapatkan dana segar tambahan sebagai salah satu solusi dari cara melunasi utang secara efektif.

6. Menyimpan uang kembalian

Coba cari sebuah kaleng tak terpakai yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan uang receh dari kembalian saat berbelanja. Salah satu cara melunasi utang yang menumpuk adalah tidak mengabaikan atau meremehkan kebiasaan mengumpulkan uang receh.

Caranya mudah kok, Anda hanya perlu mengumpulkan semua uang receh di kaleng bekas tersebut. Jika sudah terkumpul, Anda bisa menggunakannya untuk membayar utang.

7. Berdoa

Doa merupakan hal yang wajib dilakukan, selain dari pada berusaha. Sebab dengan doa inilah kita akan senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran dalam berusaha melunasi hutang.

Ingat bahwa Allah SWT akan membantu orang yang bersungguh sungguh dalam berusaha namun dengan diimbangi dengan berdoa.

Solusi Untuk Melunasi Bagaimana

Setelah Anda menerapkan beberapa langkah di atas, maka Anda akan memiliki sejumlah dana yang dapat dialokasikan untuk mencicil hutang yang dimiliki.

Namun, ini semua tergantung dari pribadi Anda, apakah memiliki komitmen kuat dalam menjalani hal diatas atau hanya sekedar sementara saja kemudian melakukan hal seperti biasanya.

Jika demikian, kami memberikan solusi lunas utang untuk Anda agar bisa menguatkan komitmen dalam menghilangkan hobi berhutang.

1. Mengetahui Tabiat Buruk Utang

Ini penting untuk mengetahui dasar Anda hobi berhutang dan jika Anda kecanduan utang, maka bisa dibilang itu termasuk salah satu dari sembilan tabiat buruk utang di dunia.

Utang bersifat candu (addicted) atau disebut juga utang bikin nagih, sekali berhutang maka pelakunya akan ketagihan terus menerus jika tidak berniat berhenti.

Kondisi ini secara tidak langsung akan menambah dosis dari utang itu sendiri, jika hari ini Anda berhutang Rp500,000 maka setelah lunas akan berhutang 1 juta, seterusnya begitu dan ini menjadi tabiat buruk utang yang kedua.

Setelahnya, utang akan membuat Anda sering sakit-sakitan sehingga merasa tertekan dan depresi, gelisah di malam hari karena memikirkan utang yang menumpuk serta tidak sanggup membayar.

Terhina di siang hari ketika banyak orang menagih namun kita tidak mampu membayar dan kita seperti tidak punya harga diri.

Cepat marah dan mudah tersinggung, menambah beban hidup Anda, hilangnya kemesraan dalam keluarga.

Dan yang paling berbahaya adalah bunuh diri karena Anda merasa sudah tidak sanggup lagi menjalani hidup dengan utang.

2. Mengetahui Dasar Hukum Utang Dalam Islam

Dalam ajaran Islam, berhutang itu diperbolehkan karena pada saat itu Rasulullah SAW menggadaikan baju besinya kepada seorang Yahudi karena ingin membeli gandum untuk dimakan bersama keluarganya.

Kisah tersebut diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dalam kitab Shahih-nya sebagai berikut :

“Dari Aisyah ra berkata bahwa Rasulullah SAW membeli makanan dari seorang Yahudi dengan pembayaran ditangguhkan dengan menggadaikan baju besinya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ketika itu Rasullullah menggadaikan baju besinya untuk membeli makanan dan berhutang tidak untuk memenuhi gaya hidup atau memuaskan keinginan/hawa nafsu.

Namun, yang perlu diingat bahwa untuk jaman saat ini utang itu ada ribanya.

َمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِ ۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ

“Allah memusnahkan RIBA dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.“ (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 276)

3. Berkaca Dengan Pengalaman Orang Lain

Sebelum Anda melanjutkan utang atau berniat untuk menjalani utang meski sebelumnya belum pernah, maka Anda harus tahu terlebih dahulu pengalaman-pengalaman pahit para pelaku utang dan terjerat oleh riba.

Orang-orang ini akan memberikan Anda masukan atau ilmu tentang bahayanya utang yang dibarengi oleh riba. Dan, orang-orang ini yang kemudian berhijrah menuju jalan Allah SWT dengan cara menjauhi utang riba.

4. Berkonsultasi Dengan Orang Yang Tepat

Konsultasi menjadi jalan terbaik buat Anda yang sedang mengalami depresi terhadap beban berat utang. Dengan berkonsultasi, Solusi lunas utang Anda akan mendapatkan masukan atau pendapat bagaimana menjalani hidup lebih tenang tanpa adanya gangguan beban utang riba.

Ayo Hijrah membuka konsultasi buat Anda yang mengalami beban hidup atas utang. Kami siap membantu Anda dalam menemukan solusi dan memberikan arahan atas langkah terbaik untuk Anda terbebas utang. Klik tombol dibawah ini

Ringkasan

Perlu dipahami bahwa berhutang bukanlah suatu perbuatan dosa sebagaimana telah disebutkan.

Tetapi, seseorang yang terbiasa berhutang bisa saja mengantarkannya kepada perbuatan-perbuatan yang diharamkan oleh Allah subhaanahu wa ta’aala, yakni berdusta dan menyelisihi janji, dimana kedua perbuatan itu adalah dosa besar.

Selain itu, ada baiknya muslimin dan muslimah selalu berdoa agar dapat terhindar dari jerat utang, berikut doanya.

للَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

[Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl]

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.


Apakah saat ini Anda pusing memikirkan utang yang tidak lunas-lunas?, takut menghadapi Debt Collector?, tertekan menghadapi lelang bank?, hubungan keluarga suami-istri dan anak-anak kurang harmonis serta mencari solusi lunas utang? maka kami bersedia menyediakan konsultasi untuk Anda.

Baca Juga: Lunas Utang Disini

Anda akan menerima langkah praktis menyelesaikan masalah utang tanpa harus tambah utang kemudian testimoni orang-orang yang telah sukses menyelesaikan utang tanpa membayar bunga dan denda.

Yang perlu Anda ketahui, melunasi hutang merupakan sebuah kewajiban yang harus dilunasi oleh orang berhutang. Jika orang tidak dapat melunasi hutangnya maka ia akan berdosa dan kelak akan dipertanggungjawabkan saat di akhirat.

Apabila orang memiliki hutang meninggal, maka ahli waris wajib untuk melunasi hutangnya. Oleh karena itu, agar diberikan kemudahan untuk melunasi segala hutang selain dengan berusaha juga perlu untuk berdoa kepada Allah SWT.

4 thoughts on “Solusi Lunas Utang Yang Menumpuk Berdasarkan Syariat Islam”

  1. Terima kasih, artikel yang bagus. Semoga ini bisa menjadi solusi lunas utang dan bermanfaat bagi yang membutuhkan

  2. utang memang bikin pusing, gelisah, meskipun cicilan dibayar terus tapi kok rasanya lama banget lunasnya. mungkin gitu ya kalau harta ga berkah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *